Tuesday 14 July 2015

MISTERI JALAN RAYA DESA KALIJAMBE



MISTERI JALAN RAYA DESA KALIJAMBE
Di ulas oleh Tahta MH


Apakah kalian pernah dengar tentang sebuah Desa yang bernama Desa Kalijambe? Hmm pasti beberapa dari kalian belum pernah mendengarnya.
Saya akan menjelaskan sedikit tentang Desa Kalijambe. Desa Kalijambe terletak di perbatasan Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Desa ini terletak di pegunungan jadi hawa sejuk dan kadang dingin sering menyelimuti desa ini. Di Kalijambe terdapat beberapa pegunungan yaitu gunung kukusan yang paling terkenal. Kalijambe juga di lewati sebuah sungai besar yang yang mengalir dari pegunungan kukusan. Di sana juga ada air terjun mini dan banyak masih lestarinya flora dan fauna.
Desa Kalijambe yang merupakan desa yang cukup nyaman bagi para pendatang. Desa yang di huni lebih dari 1000 penduduk yang bermata pencaharian yang beragam namun rata-rata bermata pencaharian sebagai petani dan juga buruh di beberapa pabrik dan banyak juga yang merantau keluar daerah. Namun kali ini saya tidak akan mengulas tentang penduduknya, tapi saya akan mengulas tentang misteri di Desa Kalijambe.
Saya akan menceritakan hal-hal yang mungkin cukup janggal bagi para pembaca sekalian. Nah sekarang saya akan mulai menceritakan hal tersebut.

1.     Seringnya terjadi kecelakaan

Desa Kalijambe yang berlokasi di perbukitan membuat jalan raya yang di lalui menjadi berkelok-kelok dan banyak tanjakan tajam jika di lalui dari Purworejo dan turunan tajam dari Magelang. Sehingga banyak sekali kejadian kecelakaan di Desa Kalijambe.
Tercatat ratusan kali kecelakaan dari mulai mobil pribadi, truk, sepeda motor, dan container. Penyumbang kecelakaan terbanyak adalah truk yang sering terjadi rem blong. Kecelakaan itu banyak terjadi di daerah Kalijambe bagian utara, tepatnya di Dusun Sorogenen, dan di Kalijambe Selatan tepatnya di Dusun Gamblok. Karena kedua dusun tersebut memiliki jalan yang menurun dan menikung. Puluhan nyawa melayang karena kecelakaan tersebut. Mungkin cuma satu kejadian yang saya ingat kecelakaan dengan korban terbanyak, yaitu kecelakaan Bus Noroyono yang menewaskan hampir semua penumpang Bus yang terbakar setelah rem blong dan masuk ke parit dan akhirnya terbakar. Namun ada keajaiban yaitu selamatnya seorang bayi yang di lempar oleh orang tuanya dari dalam bus naas itu. Masih banyak lagi kejadian-kejadian kecelakaan di Kalijambe yang akan saya hubungkan dengan misteri supranatural.
Menurut sesepuh desa dan juga orang yang memiliki kemampuan melihat makhluk-makhluk, dari ujung tulisan “selamat datang” – Buh KedungAgung, di situ dihuni banyak makhluk yang kurang bersahabat. Namun supaya tidak terjadi kecelakaan sesepuh itu memperingatkan bahwa para pengemudi yang lewat harus fokus terus ke jalan.

2.     Sering terlihat penampakan
Kalijambe tak bisa terlepas dari yang namanya mistis. Di Kalijambe sendiri sering sekali terjadi beberapa penampakan sosok yang mungkin anda sekalian tidak akan percaya. Saya banyak mendengar dari pembicaraan warga Kalijambe yang melihat penampakan. Salah satu yang saya ambil adalah penampakan manusia tanpa kepala di dekat tugu perbatasan Magelang-Purworejo. Seorang sopir truk yang sedang mengemudi di dari arah Magelang, dia berkata melihat seorang manusia yang tinggi besar yang tiba-tiba menyebrang dan tak sengaja si pengemudi truk itu menabrak orang tersebut. Namun saat dia berhenti dan menengok tak ada siapapun di situ. Dengan tubuh yang diselimuti hawa ketakutan, si sopir kemudian berhenti di angkruk ronda milik Dusun Sorogenen Rt03/Rw04 dan sopir tersebut menceritakan kejadian yang sebenarnya kepada warga yang sedang ronda tersebut. Namun akhirnya setelah di ceritakan tentang banyak kejadian mistis tersebut sopir itu bisa sedikit tenang dan akhirnya kembali melanjutkan perjalanan saat pagi hari.
Saya juga mendengar cerita misteri lagi saat terjadi kecelakaan dinihari sekitar jam setengah 1, saat itu saya sedang menunggu final liga champion antara Chelsea vs Munchen. Tiba-tiba suara gemuruh yang sangat keras dan tiba-tiba lampu mati. Lalu saya keluar bersama ayah saya dan mendekati sumber suara itu. Ternyata sebuah truk membawa asbes dari Magelang menabrak tiang lampu dan warung cucian milik Pak Paiman yang menyebabkan kenek truk itu meninggal di tempat. Lalu banyak orang dengan sukarela menolong sopir yang terjebak itu dan langsung di bawa ke rumah sakit. Saat itu sang kenek masih belum di temukan. Padahal di kap truk tersebut telah hancur dan gepeng juga tak berbentuk lagi. Semuanya telah diperiksa dari ujung truk sampai depan namun tak ditemukan kenek truk. Akhirnya di pagi hari pukul 6, kenek truk diketemukan oleh warga yang sangat terkejut saat di temukan kenek tersebut hanya terlentang di kursi belakang truk. Padahal pada saat itu semua telah di geledah termasuk di kursi belakang saat mengambil surat-surat kendaraan. Mungkin oleh penunggu daerah disitu belum diizinkan di ketemukan pada malam hari. Akhirnya jasad kenek itu di mandikan karena banyak sekali lumpur yang menutupi tubuhnya.
Namun seusai kejadian itu ada kejadian misterius lagi saat seorang teman saya yang bernama Anggun sering dipanggil Gandum sedang memotret temannya di lokasi tersebut yang sedang melihat truk naas itu. Terlihat dengan jelas bayangan yang mirip dengan hantu kuntilanak yang banyak dibicarakan masyarakat. 

3.     Adanya tumbal dalam setiap kecelakaan

Mungkin ini cuma kebetulan saja. Dalam beberapa peristiwa kecelakaan akan meminta 1 nyawa yang terjadi selama ini di Desa Kalijambe. Salah satunya kecelakaan di atas tadi yaitu truk membawa asbes, yang menewaskan kenek truk. Berselang 1 hari sebuah truk container dari Magelang mendadak blong remnya lalu terperosok ke kolam ikan milik Pak Paiman dan menyebabkan sang sopir meninggal setelah kritis karena tergencet body truk yang menabrak pohon. Itu salah satu kejadian yang mengerikan saat hanya berselang sehari terjadi 2 kecelakaan yang merenggut 2 korban jiwa.
Baru-baru ini truk tangki yang berpenumpang 3 orang mengalami kecelakaan. Truk itu bermuatan minyak goreng terguling di dekat warung Pak Edi yang merenggut seorang ibu yang merupakan istri dari sopir truk itu. Truk naas itu mengalami rem blong saat menuruni turunan tajam dari Magelang menuju Purworejo. Si kenek truk sudah mencoba untuk mengganjal roda truk namun sayang sekali si kenek malah jatuh saat mencoba mengganjal ban truk itu. Dia jatuh di dekat warga Sorogenen yang sedang ronda malam. Lalu tak lama berselang terdengar suara druuaaammm… suara itu dari truk yang blong tadi menabrak tumpukan batu di pinggir jalan untuk digunakan memperbaiki gorong-gorong. Pada saat itu sedang ada pengaturan lajur 1 arah karena 1 laajur untuk perbaikan gorong-gorong. Sebenarnya truk itu menghindari sebuah mobil Carry yang ditumpangi beberapa orang yang akan mengaji. Kemudian truk itu menabrak tumpukan batu dan sempat melayang. Lalu menabrak depan rumah seorang warga lalu baru berhenti. Saat kejadian istri dari sopir itu meninggal di tempat dengan luka kepala yang cukup parah dan sopir yang kritis dan langsung di larikan ke rumah sakit Umum Purworejo. Tumpahan minyak membuat jalan menjadi licin dan truk itu terguling hampir memenuhi badan jalan dan membuat kemacetan hingga 1 jam lebih. Akhirnya atas inisiatif warga dan kepolisian kendaraan dari arah Purworejo dan Magelang bisa kembali melintas.
















Mungkin cuma sekian yang bisa saya ulas pada kesempatan ini. Saya akan kembali dengan ulasan yang lebih menarik lagi soal Desa Kalijambe yang penuh misteri dan mitos dari masyarakat dari jaman dulu sampai sekarang.
TERIMAKASIH
         
TAHTA M.H

No comments:

Post a Comment