PAKET - I
SOAL PENGAYAAN
UJIAN NASIONAL
MATA PELAJARAN
BIOLOGI
TAHUN 2012/2013
21.
Indikator SKL :
Menjelaskan bahan kimia dan
dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya.
Indikator soal :
Disajikan
data zat aditif pada kemasan makanan, siswa dapat mengidentifikasi zat aditif sintetis pada makanan
Butir soal :
Data komposisi pada kemasan
makanan:
Tepung terigu, tepung tapioka, minyak sayur, perisa ayam, rempah-rempah, pemantap nabati, tartrazin Cl 19140, monosodium glutamate, asam folat, garam
gula, dan bubuk cabe.
Bahan penyedap sintetis yang terdapat pada makanan tersebut adalah
....
A.
monosodium glutamat
B.
tartrazin Cl 19140
C.
pemantap nabati
D.
rempah-rempah
Kunci : A
Penjelasan :
Monosodium glutamate
(MSG) dikenal dengan nama vitsin, merupakan bahan penyedap buatan yang
berasal tumbuhan tebu, bentuknya kristal putih.
22.
Indikator SKL :
Menjelaskan zat
adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagitubuh manusia
Indikator soal :
Siswa dapat mengidentifikasi
ciri-ciri pengaruh zat adiktif terhadap
halusinasi
Butir soal :
Narkotika golongan halusinogen
menyebabkan pemakainya berhalusinasi (berkhayal). Efek halusinasi menunjukkan
bahwa narkotika jenis tersebut ….
A.
mempengaruhi fungsi
system saraf pusat
B.
menurunkan fungsi
saraf simpatik
C.
meningkatkan saraf
parasimpatik
D.
menghambat kerja
sumsum tulang belakang
Kunci :
A
Penjelasan :
Efek yang ditimbulkan pada gangguan sistem
syaraf antara lain adalah tergangganggunya kesadaran
23.
Indikator SKL :
Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup.
Indikator soal :
Disajikan beberapa gambar aktivitas makhluk hidup, siswa
dapat menentukan ciri-ciri makhluk hidup
tertentu
Butir soal :
Perhatikan gambar berikut.
1 2 3 4
Mahluk hidup yang menunjukkan proses menanggapi dan
menerima rangsang cahaya adalah gambar nomor ….
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
Kunci :
D
Penjelasan :
Gambar nomor 4 adalah tumbuhan
yg berada di ruangan yidak terkena cahaya matahari, ketika didekatkan ke
jendela maka tumbuhan tersebut akan membelok menuju kea rah datangnya
cahaya
24.
Indikator SKL :
Mengelompokkan makhluk hidup
berdasarkan ciri-cirinya.
Indikator soal :
Disajikan beberapa nama hewan,
siswa dapat mengidentifikasi ciri pengelompokan
pada hewan tinggi
Butir soal :
Perhatikan nama-nama hewan berikut:
1.
lumba-lumba
2.
bandeng
3.
pesut
4.
kakap
Kelompok hewan yang tergolong mamalia adalah ….
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
2 dan 4
D.
3 dan 4
Kunci : B
Penjelasan :
Lumba-lumba dan pesut tergolong hewan mamalia yang hidup
di air, oleh karena itu alat pernapasanya berupa paru-paru
25.
Indikator SKL :
Menjelaskan interaksi antar
makhluk hidup dalam ekosistem
Indikator soal :
Diberikan
contoh pola interaksi mahluk hidup siswa dapat menentukan interaksi antarmakhluk hidup (simbiosis)
Butir soal :
Contoh interaksi antara dua makhluk
hidup berikut yang merupakan simbiosis komensalisme adalah....
A.
bakteri patogen
dengan jamur Pennicilium notatum
B.
interaksi yang erat
antara harimau dengan rusa
C.
tanaman Azzola
pinata dengan bakteri nitrogen
D.
tanaman paku dengan
pohon inang yang ditumpanginya
Kunci :
D
Penjelasan :
Simbiosis komensalisme adalah
hubungan interaksi antara dua mahluk hidup, di mana yang satu diuntungkan dan
yang lain tidak dirugikan juga tidak diuntungkan.
26.
Indikator SKL :
Menjelaskan usaha-usaha manusia
untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
Indikator soal :
Diberikan kasus pencemaran,
siswa dapat menentukan usaha manusia untuk mengatasi pencemaran air (eutropikasi )
Butir soal
Kondisi air sungai yang berada
di kota besar sangat memprihatinkan, warnanya airnya hitam, bau tidak sedap
akibat tercemar limbah rumah tangga maupun limbah industri, usaha yang dapat di
lakukan oleh anggota masyarakat untuk mengatasi pencemaran tersebut adalah ….
A.
melarang penggunaan detergent di rumah tangga
B.
menutup pabrik
pembuat makanan kemasan kaleng
C.
membuat saluran
pembuangan limbah rumah tangga
D.
membuat
undang-undang anti pencemaran air
Kunci : C
Penjelasan :
Melarang penggunaan detergent
sangat sulit, karena belum ada peraturannya. Menutup pabrik pembuat makanan
dalam kemasan kaleng juga sulit, karena berhadapan dengan banyak kepentingan.
Membuat undang-undang adalah bukan urusan anggota masyarakat. Sehingga langkah
yang paling tepat adalah membuat saluran limbah dalam arti mengelola limbah.
27.
Indikator SKL :
Menjelaskan hubungan antara
kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil
pengamatan/ kasus.
Indikator soal :
Disajikan
grafik pengaruh peningkatan populasi
penduduk dengan kebutuhan air bersih,
siswa dapat menjelaskan hubunganya
Butir soal:
Perhatikan
grafik berikut
Grafik yang menunjukan hubungan
antara kebutuhan air bersih akibat pengaruh peningkatan populasi manusia
diperkotaan adalah....
X: kepadatan populasi manusia
Y: kebutuhan air bersih
Kunci : A
Penjelasan :
Kebutuhan air bersih akan semakin banyak sejalan dengan
bertambahnya jumlah penduduk sehingga grafiknya semakin menaik.
28.
Indikator SKL :
Menjelaskan system peredaran
darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Indikator soal :
Disajikan tabel ciri-ciri sel
darah siswa dapat membedakan jenis sel darah dengan benar
Butir soal
Perhatikan tabel berikut
No
|
Aspek
|
Eritrosit
|
Leukosit
|
Trombosit
|
1
|
Jumlah tiap mm
|
5.000.000
|
7.000 – 8.000
|
300.000
|
2
|
Bentuk
|
cakram bikonkaf
|
tidak teratur
|
amuboid
|
3
|
Tempat produksi
|
sumsum merah tulang
|
sumsum merah tulang
|
hati dan limfa
|
4
|
Fungsi
|
mengangkut O2 dan CO2
|
untuk mem-bunuh kuman
|
untuk membantu pembekuan darah
|
Data pada tabel yang sesuai untuk masing-masing jenis sel darah adalah ….
A.
1 dan 2
B.
2 dan 3
C.
3 dan 4
D.
4 dan 1
Kunci : D
Penjelasan :
Ciri-ciri sel darah beserta
aspek-aspek yang terkait dapat dilihat dalam tabal berikut.
No
|
Aspek
|
Eritrosit
|
Leukosit
|
Trombosit
|
1
|
Jumlah tiap mm
|
5.000.000
|
7.000 – 8.000
|
300.000
|
2
|
Bentuk
|
cakram bikonkaf
|
amubiod
|
Tidak teratur
|
3
|
Tempat produksi
|
sumsum merah tulang
|
Linfa
|
Sumsum tulang
|
4
|
Fungsi
|
mengangkut O2 dan CO2
|
untuk membunuh
kuman
|
untuk membantu pembekuan
darah
|
5
|
Jumlah inti sel
|
Tidak berinti
|
Memiliki 1 inti sel
|
Memiliki 1 inti sel
|
29.
Indikator SKL :
Menjelaskan system pencernaan
dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
Indikator soal :
Disajikan gambar sistem organ pencernaan, siswa dapat
menentukan organ yang menghasilkan enzym dengan fungsi tertentu
Butir soal:
Perhatikan
gambar berikut
Zat yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk dengan
tanda panah memiliki fungsi....
A.
mengendapkan
protein pada kasein
B.
mengasamkan cairan
dalam lambung
C.
menghancurkan
partikel-partikel lemak
D.
mengaktifkan
pepsinigen menjadi pepsin
Kunci : C
Penjelasan :
Organ yang ditunjuk adalah
kantong empedu, yang menghasilkan cairan empedu untuk mengemulsikan atau
memecah partikel-partikel lemak
30.
Indikator SKL :
Menjelaskan system pernapasan
pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Indikator soal :
Disajikan data mekanisme
pernapasan, siswa dapat menentukan mekanisme pernapasan dada/perut
Butir soal
Perhatikan data berikut!
1.
Kontraksi otot
tulang rusuk, rongga dada terangkat
2.
Paru-paru membesar
3.
Tekanan udara dalam
paru-paru besar
4.
Udara luar masuk ke
dalam paru-paru
Fase inspirasi pada pernapasan
dada di tunjukan oleh nomor ….
A.
1, 2 dan 3
B.
1, 2 dan 4
C.
2, 3 dan 4
D.
3, 4 dan 1
Kunci : B
Penjelasan :
Fase inspirasi pernapasan dada:
v Kontraksi otot tulang rusuk menyebabkan rongga dada
terangkat
v Rongga dada membesar, paru-paru mengembang
v Tekanan udara dalam paru-paru kecil
v Udara luar masuk dalam paru-paru
Menjelaskan sistem
gerak pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Indikator Soal :
Disajikan gambar persendian tertentu, siswa dapat menentukan arah gerak
yang ditimbulkannya..
Butir Soal:
Perhatikan gambar berikut!
Pernyataan berikut yang benar terkait dengan gambar
tersebut, adalah...
A.
A dan B bergerak hanya dua arah
B.
B bergerak ke segala arah dan A diam
C.
A bergerak ke segala arah dan B diam
D.
A dan B dapat bergerak ke segala arah
Kunci : B
Penjelasan :
Bagian yang ditunjuk dengan huruf A adalah tulang usus yang merupakan
penyusun gelang panggul (tulang usus, tulang duduk, dan tulang kemaluan)
sedangkan yang ditunjuk dengan B adalah tulang paha. Antara gelang panggul
dengan tulang paha membentuk sendi peluru. Sendi ini memungkinkan tulang paha
bergerak ke segala arah hal ini dimungkinkan karena gelang panggul membentuk
mangkuk sedangkan pangkal paha berbentuk bongkol.
32.
Indikator SKL :
Menjelaskan sistem
ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya
Indikator Soal :
Disajikan
gambar penampang membujur ginjal, siswa
dapat menyebutkan fungsi bagian yang ditunjuk.
Butir Soal:
Perhatikan gambar berikut!
Bagian yang ditunjuk oleh tanda panah, berfungsi untuk....
A.
menyaring darah
yang masuk tubulus
B.
menyerap kembali
urine primer yang masuk
C.
menampung urine
dari tubulus kolektivus
D.
menambahkan zat-zat
yang harus dibuang
Kunci : C
Penjelasan :
Bagian ginjal yang ditunjuk
pada soal adalah bagian rongga (pelvis). Bagian ini berfungsi menampung urine
yang berasal dari tubulus kolektivus, dari
bagian ini kemudian urine akan mengalir menuju kantung kemih melalui ureter.
33.
Indikator SKL :
Menjelaskan sistem saraf/alat
indera pada manusia.
Indikator Soal :
Disajikan gambar sel saraf,
siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk
Butir Soal :
Perhatikan gambar!
Bagian yang ditunjuk dengan tanda panah berfungsi
untuk...
A.
menghantarkan
impuls menuju ke badan sel saraf
B.
menghantarkan
impuls dari badan sel ke sel otot
C.
mempercepat
jalannya impuls ke pusat koordinasi sel
D. menjawab rangsang dan menghantarkannya ke indera
Kunci :
A
Penjelasan :
Bagian yang
ditunjuk dengan tanda panah adalah dendrit. Bagian ini berperan menerima
rangsang dan menghantarkannya menuju badan sel saraf
34.
Indikator SKL :
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan.
Indikator Soal :
Disajikan gambar penampang melintang salah satu organ pada tumbuhan, siswa
dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk
Butir soal:
Perhatikan gambar penampang
daun berikut!
Bagian yang ditunjuk dengan huruf Y berfungsi untuk ….
A.
mengangkut hasil
fotosintesis
B.
melindungi jaringan
yang di bawahnya
C.
mengangkut air yang
masuk dari batang
D.
menyimpan cadangan
makanan
Kunci : D
Penjelasan :
Bagian yang ditunjuk adalah sel
jaringan bunga karang (spons). Pada
bagian ini banyak terdapat ruang-ruang kosong (rongga) sehingga memungkinkan oksigen
untuk proses fotosintesis tersimpan.
Selain sebagai tempat fotosintesis, pada sel-sel jaringan spons sebagai tempat menyimpan amilum hasil
fotosintesis.
35.
Indikator SKL :
Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan
luar
Indikator Soal :
Disajikan gambar jenis tumbuhan tertentu (putri malu/yang
bersulur/ Leguminaceae), siswa dapat
menjelaskan respon tumbuhan akibat
pengaruh tertentu
Butir Soal :
Perhatikan gambar salah satu jenis Leguminaceae berikut!
Apabila intensitas cahaya lemah (malam hari) maka respon
yang dilakukan oleh tumbuhan tersebut adalah ....
A.
mekar bagian
mahkota bunga
B.
menutup daun
majemuk
C.
memecahkan polong
biji
D.
menutup bagian
kelopak bunga
Kunci : B
Penjelasan :
Pada saat menjelang matahari terbenam sehingga intensitas
cahaya lemah (gelap) kelompok Leguminaceae
(polong-polongan) akan menutup daun majemuk.
Gerak ini disebut niktinasti yaitu gerak tidur daun tanaman menjelang
petang akibat perubahan tekanan turgor pada tangkai daun.
36.
Indikator SKL :
Menjelaskan proses
fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut
Indikator Soal :
Disajikan gambar
tentang tahapan percobaan Sachs, siswa dapat menjelasakan tujuan dari salah
satu tahapan tersebut.
Butir Soal:
Perhatikan gambar percobaan Fotosintesis berikut!
Tujuan dari tahapan III adalah ...
A.
mematikan sel-sel
yang menyusun jaringan pada daun
B.
melemahkan bakteri
yang melekat pada daun
C.
melarutkan klorofil
yang terdapat pada daun
D.
menentukan jenis
zat hasil proses fotosintesis
Kunci : C
Penjelasan :
v Tahap I daun yang ditutup dan yang tidak ditutup dengan aluminium
foil atau kertas karbon
v Tahap II daun dipanaskan/direbus dengan air bertujuan untuk mematikan sel-sel
pada daun
v Tahap III daun dipanaskan/direbus dengan alkohol bertujuan agar klorofil pada daun
larut.
v Tahap IV adalah pengujian dengan larutan lugol sebagai
larutan indikator. Bagian daun yang ditetesi larutan lugol menjadi berwarna biru
tua berarti mengandung amilum sebagai
hasil fotosintesis. Selain itu berwarna pucat.
37.
Indikator SKL :
Menjelaskan pertumbuhan dan
perkembangan pada makhluk hidup.
Indikator Soal :
Disajikan beberapa pernyataan
tentang ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan, siswa dapat menentukan ciri
perkembangan pada makhluk
Butir Soal:
Perhatikan pernyataan berikut!
1.
Tidak kembali pada
bentuk semula
2.
Bertambah ukuran
3.
Bertambahnya
kedewasaan
4.
Matangnya
organ-organ reproduksi
Pernyataan yang menunjukkan ciri perkembangan adalah...
A.
3 dan 4
B.
2 dan 3
C.
1 dan 3
D.
1 dan 2
Kunci : A
Penjelasan :
Pertumbuhan
dan perkembangan merupakan dua proses yang berjalan sejajar dan berdampingan.
Jadi proses pertumbuhan dan perkembangan tidak dapat dipisahkan satu dengan
yang lain. Pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran yang tidak dapat
kembali ke asal (irreversible), yang
meliputi pertambahan volume dam pertambahan massa. Selain disebabkan
pertambahan ukuran sel, pertumbuhan juga terjadi karena pertambahan jumlah
sel. Perkembangan adalah proses menuju
tercapainya kedewasaan. Pada tingkat seluler, perkembangan dapat berupa diferensiasi sel-sel yang baru membelah
membentuk jaringan yang menyusun organ tertentu. Pada tumbuhan perkembangan
ditandai dengan munculnya bunga atau buah. Sedang pada hewan dan manusia
ditandai dengan kematangan organ reproduksi sehingga siap untuk menghasilkan
keturunan. Perkembangan juga menyebabkan perkembangan psikis dari usia bayi,
anak-anak, dan menjadi dewasa.
38.
Indikator SKL :
Memberi contoh adaptasi makhluk
hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup
Indikator Soal :
Disajikan beberapa contoh
adaptasi makhluk hidup, siswa dapat menentukan contoh bentuk adaptasi tertentu
Butir Soal:
Perhatikan contoh berikut!
1.
Ikan air laut
mengekskresi urine pekat agar terjaga keseimbangan kadar air tubuhnya
2.
Rayap sering
memakan kembali kulit ari kelupasannya
3.
Beruang kutub tidur
panjang saat musim dingin
4.
Herbivora menghasilkan enzim selulase untuk mencerna selulosa
Pernyataan yang menunjukkan adaptasi fisiologi adalah ...
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
2 dan 3
D.
4 dan 1
Kunci : D
Penjelasan :
Adaptasi fisiologi pada makhluk hidup ditandai pada penyesuaian
fungsi dari alat tubuh makhluk hidup tersebut karena harus menyesuaikan dengan
lingkungan (habitat) sebagai tempat hidupnya.
39.
Indikator SKL :
Menginterpretasi proses
persilangan berdasarkan hukum Mendel.
Indikator Soal :
Disajikan pernyataan/data
persilangan monohibrid dominasi penuh, siswa dapat menentukan perbandingan
genotip/fenotip F2
Butir Soal:
Persilangan antara tanaman
ercis berbiji bulat dengan tanaman ercis berbiji kerut menghasilkan tanaman
ercis berbiji bulat. Apabila F1 disilangkan dengan sesamanya maka akan
diperoleh perbandingan fenotip F2 ...
A.
1: 1
B.
1: 2
C.
2: 1
D.
3: 1
Kunci : D
Penjelasan :
P1 : BB X bb
biji bulat biji kerut
Gamet: B b
F1: Bb
(biji bulat)
P2 : Bb
X Bb
biji
bulat biji bulat
Gamet : B; b B; b
F2:
B
|
b
|
|
BB
(bulat)
|
Bb
(bulat)
|
|
b
|
Bb
(bulat)
|
bb
(kerut)
|
Jadi diperoleh perbandingan fenotip bulat: kerut adalah 3:
1
40.
Indikator SKL :
Menjelaskan pemanfaatan
bioteknologi untuk kehidupan manusia.
Indikator soal :
Siswa dapat memberi contoh
salah satu mikroba yang dimanfaatkan dalam produk
bioteknologi konvensional
Butir Soal:
Mikroba yang dimanfaatkan dalam
pembuatan produk keju adalah ...
A.
Lactobacillus
plantarum
B.
Lactobacillus lactis
C.
Aspergillus soyae
D.
Saccaromyces cereviceae
Kunci : B
Penjelasan :
Daftar mikroba beserta penggunaannya dalam pembuatan
keju, adalah sebagai berikut.
Mikroba
|
Enzim
|
Bahan
|
Produk
|
Lactobacillus plantarum
|
Laktase
|
kubis
|
asinan
|
Lactobacillus
lactis
|
Lipase
|
susu
|
keju
|
Aspergillus soyae
|
Protease
|
kedelai
|
kecap
|
Streptococcus
lactis
|
Lipase
|
susu
|
mentega
|
No comments:
Post a Comment